Thursday, July 20, 2017

Waspadai Tanda Komputer Kena Hack Dan Cara Mengatasinya

Waspadai Tanda Komputer Kena Hack Dan Cara Mengatasinya

    Sistem keamanan komputer atau cybersecurity merupakan salah satu ancaman yang paling besar bagi siapa pun yang melakukan aktivitas secara online. Meskipun dalam perangkat komputer sudah terpasang antivrus paling canggih sekalipun, hal ini tidak bisa menjamin bahwa komputer kamu akan terlindungi dari serangan cyber. Untuk itu kamu perlu mengetahui dan mewaspadai tanda komputer kena hack.


     Sayangnya, sebagian besar dari hacker cyber, tidak memberi tahu atau memberikan peringatan khusus kepada korban bahwa perangkat mereka telah diretas. Umumnya pada hacker bisa masuk ke dalam perangkat komputer korban tanpa sepengetahuan meraka untuk melancarkan aksi. Namun hal seperti ini sebenarnya masih bisa untuk kita antisipasi dengan mengetahui ciri dan tanda komputer kena hack. Nah, untuk ituRagam Teknologi akan memberikan tips untuk mengetahui tanda komputer kena hack  di bawah ini beserta tata cara untuk mengatasinya.


Pesan Anitivirus Palsu


     Tidak semua antivirus yang dapat kamu gunakan bisa baik dan ampuh untuk menghilangkan segala virus dalam perangkat komputer. Di jaman teknologi serba canggih saat ini, bentuk ancaman dan penipuan pun semakin canggih pula. Jangan sampai salah, saat ini malware ataupun virus sekalipun juga bisa menyamar dengan tampilan yang cukup bagus dan rapi. Mereka akan menginfeksi komputer atau perangkat dengan menampilkan pesan bahwa komputer atau perangkat yang kamu gunakan terinfeksi virus  sehingga membutuhkan software antivirus khusus untuk menghilangkannya.

     Ancaman seperti ini dikenal dengan sebutan scareware. Kamu harus mengetahui bagaimana menbedakan antivirus yang asli dan yang palsu. Jangan sampai komputer kamu justru didiami oleh antivirus yang malah semakin menjadi ancaman virus yang paling berbahaya daripada perlindungannya.


     Ada toolbar baru pada browser padahal tidak pernah memasangnya.Salah satu tanda komputer kena hack yang mudah untuk kamu identifikasi ialah munculnya beberapa toolbar baru. Coba periksa setiap browser yang ada di perangkat komputermu. Jika bukan dari vendor ternama, segera hapus toolbar tersebut sebelum terlalu dalam meretas komputermu.


Ada Software Baru


     Pernahkan kamu mengalami ketika memperhatikan komputer secara tidak sengaja kamu mendapatkan software yang tidak pernah kamu install atau pasang sebelumnya, hal ini mungkin sistem kamu telah diretas oleh hacker. Umumnya komputer yang sudah terinfeksi virus akan otomatis menginstal sendiri program atau software tertentu layaknya software nyata..


     Kamu harus ekstra selektif dan teliti untuk menonaktifkan kembali mereka. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan pengecekan di Autoruns (untuk windows), meskipun tidak menampilkan seluruh program yang diinstal namun hal ini akan membuat kamu mengetahui program apa saja yang berjalan otomatis ketika komputermu mengalami restart.


     Jangan kaget bila disini kamu akan menemukan cukup banyak malware. Bagian yang paling sulitnya ialah untuk membedakan dan mengetahui mana program yang asli dan mana yang hanya malware yang harus kamu basmi.


Sandi Tiba – Tiba Berubah


     Pernahkah kamu mengalami ketika membuka akun secara onlne password berubah sendiri? hal ini terjadi karena dua kemungkinan, yang pertama layanan online yang kamu gunakan telah diretas atau mungkin akun kamu sudah di hack. Bila sudah mengalami hal ini, segera ganti kembali sandi akun layanan kamu dan akun terkait lainnya. jangan lupa untuk gunakan otentikasi dua faktor.


     Nah, itulah ciri dan tanda komputer kena hack dan cara mudah untk mengatasinya. Di era digital yang semakin berkembang canggih ini, penting bagi kita untuk menyadari dan mengantisi pasi ancaman serangan cyber untuk mengamankan diri dari kejahatan teknologi maupun internet. Tidak sedikit diluar sana hacker yang jail atau bahkan sengaja dibayar untuk meretas perangkat komputer yang kamu gunakan. Bersikap waspada dan mencari informasi banyak mengenai hal ini bukanlah hal yang salah untuk dilakukan. Apakah kamu penah mengalami tanda seperti itu pada komputer kamu?

source : ragamteknologi.com

No comments:

Post a Comment