Tuesday, July 18, 2017

CARA MENGATASI KOMPUTER YANG LEMOT 100% AMPUH


Begini Trik Dan Cara Mengatasi Komputer Lemot Yang Paling Ampuh 100%
     Ragam Teknologi - Tidak bisa dipungkiri lagi bila penggunaan komputer dan laptop di era digital ini sangat penting. Baik itu untuk menunjang pekerjaan, mengerjakan tugas sekolah ataupun kuliah. Demi menunjang aktivitas pengguna menjejali komputer dengan berapa program dan software yang mereka butuhkan. Namun sayangnya para pengguna perangkat komputer sekarang ini menggunakannya secara berlebihan sehingga performa komputer justru menurun dan mulai lamban. Sebagian besar dari mereka tidak peduli dengan hal ini, dan yang lainnya kebingungan dengan apa yang harus mereka lakukan untuk mengatasi komputer lemot tersebut.
Akan sangat disayangkan ketika perangkat komputer atau laptop yang kamu gunakan memiliki spesifikasi yang sangat tinggi namun memiliki performa yang mulai menurun. coba terapkan beberapa cara mengatasi komputer lemot berikut ini untuk mempercepat kinerja dan performanya kembali.


Copot Aplikasi Yang Jarang Dipakai

     Melakukan unisntal atau pencopotan aplikasi dan software atau program yang harang dipakai akan sedikit mengatasi komputer lemot yang kamu alami. Komputer akan mulai mengalami peningkatan performa, selain itu ruang penyimpanan pun akan cukup lega. Hapus aplikasi yang jarang kamu pakai sekitar 2 hingga 3 bulan. Pada windows kamu bisa melakukannya pada menu “Unsinstall or change Program” yang tersedia pada panel atau menu Settings. Kamu bisa menggunakan aplikasi dengan versi web atau potable untuk menghemat dan mengatasi komputer lemot. Lakukan pembersihan dan scanning data pada komputer untuk membersihkan sampah dan aplikasi atau file yang tidak tampak.


Rutin Lakukan Update
     Tidak sedikit para pengguna komputer menghindari untuk melakukan update pada perangkat mereka, karena menganggap akan membuat komputer semakin melambat. Namun nyatanya proses update ini akan membuat performa komputer menjadi lebih kencang dari sebelumnya. Selain itu, proses update akan meningkatkan keamanan pada perangkat komputer. Jika kamu tidak ingin repot dan ribet untuk melakukan update, kamu bisa mengaktifkan fitur auto-update pada saat komputer terhubung dengan internet.


Periksa Aplikasi Yang Berjalan Di Background


     Cara mengatasi komputer lemot selanjutnya ialah memeriksa aplikasi dan software yang berlajan di background. Tidak sedikit aplikasi yang berjalan di backround membuat komputer menjadi sangat lambat. Aplikasi semacam ini akan membuat hardwarebekerja sangat keras. Untuk itu, lakukan pemeriksaan secara rutin melalui panel Task Manager. Atau kamu bisa meningkatkan kinerjanya menggunakan program Vooster yang tersedia di internet.


Pasang Antivirus

     Antivirus merupakan software yang harus dimiliki oleh setiap perangkat komputer atau laptop. Ketika berselancar di internet, secara tidak sadar ada berbagai virus atau adware dan malware yang menginfeksi komputer. Malware akan memberikan efek yang buruk tentunya hal ini sangat berpengaruh terhadap performa komputer. Untuk itu jangan sampai tidak memasang antivirus terbaik di perangkat komputermu. Hndari untuk memasang antivirus gratisan atau hack.


Bersihkan Hardware Dengan Rutin

     Jangan hanya memperhatikan perangkat lunaknya saja. Perangkat keraspun patut untuk kamu perhatikan kebersihannya. Debu dan kotoran yang menumpuk akan menekan kinerja hardware yang akan berpengaruh pada kinerja dan performa komputer. Gunakan alat – alat sederhana untuk membersihkannya seperti cutton buds, lap, hingga kuas. Bersihkan bagian casing dengan teliti pada komputer. Pada laptop, perhatikan lubang kipas exhaust, pastikan tidak ada tumpukan debu yang menghalangi sirkulasi udara.

     Itulah beberapa cara mengatasi komputer lemot paling ampuh yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Masih ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan seperti defragment, disk cleanup, dan install ulang sistem operasi. Cara manakah yang akan kamu lakukan? 

sumber :ragamteknologi.com

No comments:

Post a Comment