Sunday, July 16, 2017

PENGERTIAN JARINGAN PAN , LAN , MAN , DAN WAN

Berdasarkan ukuran, kerumitan dan jumlah komputernya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi:
1. Personal Area Network (PAN)



Jaringan ini adalah jaringan dengan skala paling kecil. PAN adalah jaringan untuk menghubungkan perangkat komputer yang dapat dipakai sehar-hari, misalnya adalah menghubungkan telepon genggam dengan headset nirkabel. Jangkauan dari PAN sangat terbatas, hanya beberapa meter. Karena itu memang PAN hanya digunakan untuk keperluan pribadi menggubungkan berbagai gadget yang kita miliki saja.

PAN umunya dibuat dengan nirkabel, dengan menggunakan teknologi bluetooth.

2. Local Area Network (LAN)



Jaringan ini adalah jaringan dengan skala kecil, meliputi area terbatas seperti satu ruangan atau satu gedung dan dengan jumlah komputer terbatas. Jaringan ini umumnya dikelola sendiri oleh pemilik jaringan. Selain menghubungkan komputer jaringan ini juga bisa menghubungkan perangkat lain seperti printer, scanner dan telepon genggam.

Jaringan LAN dapat dibuat dengan kabel menggunakan ethernet atau tanpa kabel dengan menggunakan wifi.

Contoh LAN adalah jaringan komputer di perkantoran. Yang mana biasanya penggunaan jaringan komputer dikelola sendiri oleh pemilik jaringan demi keamanan data. Selain itu juga kapasitas pengguna yang tidak terlalu banyak, menjadikan LAN cocok diterapkan dalam lingkungan kantor.

3. Metropolitan Area Network (MAN)




MAN menghubungkan berbagai komputer atau jaringan penyusun di suatu wilayah tertentu, misalnya di suatu kota atau kompleks gedung.

Contoh MAN adalah jaringan yang ditemui pada bank dalam suatu kota dengan luas jangkauan yang besar. Jaringan ini misalnya, akan menghubungkan komputer-komputer yang terletak di gedung-gedung antara cabang bank satu ke bank lainnya;

4. Wide Area Network (WAN)



Jaringan WAN adalah jaringan dengan tipe paling besar. Jaringan ini menghubungkan berbagai kota atau wilayah satu dengan yang lain.

Contoh WAN adalah jaringan Internet. Jaringan internet menghubungkan berbagai kota, wilayah dan dengan negara satu dengan yang lain.

1 comment: